Informasi, Soal SBMPTN, Tips dan Trik

Senin, 30 Desember 2013

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2014

Tidak ada komentar


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan sistem seleksi nasional yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri, diikuti oleh peserta dari se luruh Indonesia. Ada sebanyak 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  mengikuti sistem tersebut dan biayanya ditanggung oleh pemerintah.
Berikut adalah tata cara Pendaftaran SNMPTN yang diambil dari  http://www.snmptn.ac.id/
  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa termasuk data nilai siswa dari semester 1 sampai semester 5 untuk siswa SMA di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Waktunya adalah dari 6 Januari – 6 Maret 2014.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir. Waktunya sampai tanggal 6 Maret 2014.
  • Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Waktu pendaftaran mulai tanggal 17 Februari – 31 Maret 2014.
  • Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
    Sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet, proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Budayakan komentar yang baik :)