Informasi, Soal SBMPTN, Tips dan Trik

Jumat, 27 Desember 2013

Contoh DFD (Data Flow Diagram) Level 0 Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa

1 komentar

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan darimana asal data dan kemana tujuan data yang keluar dari sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut. (Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Andri Kristanto, 2003).

Data Flow Diagram atau DFD  yang berjalan pada Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Rembang adalah sebagai berikut :








Keterangan gambar :
1.      Ketika  administrator  login, maka akan diverifikasi apakah statusnya diterima ataukah ditolak (proses 1.0).
2.      Jika login administrator diterima , tugasnya adalah memanagemen user/pengguna atau account   yang berhak masuk ke sistem ini (proses 2.0). Setelah itu, administrator juga mempunyai tugas penting yaitu memanajemen data master, berupa data siswa, mapel, wali kelas, guru, KKM, data referensi, tugas guru, dan rombel (proses 3.0) dan laporan (proses 5.0). Sedangkan siswa jika login diterima maka akan diberi hak akses berupa update biodata siswa  (proses 3.0).
3.      Jika login wali kelas dan guru mapel diterima, hak aksesnya adalah memasukkan data nilai. Guru mapel memasukkan nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik permata pelajaran, sedangkan wali kelas memasukkan absensi siswa, nilai pengembangan diri siswa, dan nilai kepribadian siswa. (proses 4.0).



Diambil dari skripsi yang pernah saya buat tahun 2012.

1 komentar :

Budayakan komentar yang baik :)