Informasi, Soal SBMPTN, Tips dan Trik

Jumat, 27 Desember 2013

Contoh Script Wawancara Penelitian Sistem Penilaian Laporan Hasil Belajar Siswa

Tidak ada komentar
Berikut adalah Video wawancara observasi untuk skripsi dengan tema penilaian hasil belajar siswa. Narasumbernya adalah bapak Hedi Wibowo,S.Pd sebagai wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMA N 2 Rembang, sudah ada scriptnya juga dibawah. Semoga bermanfaat  :)




Narasumber  : Hedi Wibowo, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Kurikulum )

Peneliti            : Okey, hari ini tanggal 8 Mei  hari Selasa tahun 2012 saya melakukan wawancara kepada wakil kepala sekolah bagian kurikulum seputar sistem informasi penilaian di SMA Negeri 2 Rembang beliau adalah bapak Hedi Wibowo, S.Pd.
Yang ingin saya tanyakan pak, sistem penilaian yang bagaimanakah yang sudah berjalan di SMA 2 selama ini ?

Narasumber      : Selama ini sistem penilaiannya masih sama seperti tahun-tahun yang sebelumnya, jadi bapak ibu guru masih memasukkan nilai secara manual dan mereka memiliki daftar nilai yang tersendiri kemudian pada akhir KBM mereka merekapitulasinya dan membuat sebuah nilai rapor yang nantinya akan ditulis dalam sebuah leger dan itu baru menjadi sebuah nilai rapor dan itu nantinya akan digunakan sebagai patokan untuk kenaikan kelas dan sebagainya.

Peneliti            : Kalau masalah kesulitan maksud saya kesulitan – kesulitan yang pernah bapak temui menurut pengalaman bapak apa saja?

Narasumber      : Kalau menurut yang saya temukan memang beberapa kendala muncul karena kalau kita melihat globalisasi selama ini tentunya kita berwawasan ke depan. Kalau hanya mengandalkan segi manual saja rasanya kurang layak untuk tahun-tahun yang seperti ini kita sudah seharusnya maju, lebih berkembang dengan melihat sistem penilaian di berbagai sekolah yang sudah maju mereka sudah mampu secara online mengisi nilai lewat komputer, lewat internet dirumah dan sebagainya. Sehingga bisa mengakses nilainya baik itu nilai ulangan harian atau nilai yang lain dengan berbasis TIK.

Peneliti            : Begitu ya pak. Berarti leger masih ditulis manual (konvensional-red)? Rapornya juga ?

Narasumber      : Iya masih manual (konvensional-red).

Peneliti            : Wah itu tentu saja membutuhkan waktu yang lama dong pak?
Narasumber      : Iya betul sekali. Jadi, hambatan yang kita temui selama ini pada akhir semester tentunya ya, semester satu atau dua, bahkan yang membuat kecemasan dari wali kelas mereka selalu mengharapkan nilai  cepat jadi sehingga mereka bisa  lembur sehingga pada saat kenaikan kelas mereka sudah bisa dengan segera menentukan siapa yang naik dan siapa yang tidak naik . Jadi mereka mengharapkan sistim yang lebih bagus dari yang ada sekarang ini.

Peneliti            : Nah kira-kira bagaimanakah keinginan bapak tentang sistim yang baru?

Narasumber      : Kalu keinginan saya, kita melihat prospek ke depan melihat dunia teknologi dan komputer kita inginnya ada sebuah sistem tersendiri , disana nanti akan dikelola sistem penilaian sehingga guru akan dipermudah dalm pengisian nilai, cetaknya dan lain sebagainya sehingga tanpa menulis lagi.

Peneliti            : Juga bisa diakses dimana saja begitu ya pak?

Narasumber      : Iya betul.

Peneliti            : Antara lain contohnya seperti sistem informasi penilaian berbasi web.

Narasumber      : Iya betul. Berbasis web sebetulnya keinginan itu sudah lama sekali. Tapi nanti kita perlu konsultasi dengan kepala sekolah dalam penyediaan sarana prasarana karena berkaitan dengan TIK itu membutuhkan dana yang cukup banyak.

Peneliti            : O begitu pak. Baik, sementara itu dulu yang saya ingin tahu. Terimakasih atas waktunya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Budayakan komentar yang baik :)