Informasi, Soal SBMPTN, Tips dan Trik

Rabu, 25 Desember 2013

Solusi Cara Melacak Nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

1 komentar
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku selamanya. NISN itulah yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia yang langsung dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas.

Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.

Lalu bagaimana jika seorang siswa tidak mengetahui nomor NISN-nya? atau lupa mungkin ?

Nah itulah yang akan dibahas pada artikel ini, tentang bagaimana cara melacak nomor NISN siswa.

Pertama,
Setiap sekolah pasti mempunyai minimal satu orang operator yang ditunjuk untuk mengelola data pokok pendidikan disekolah tersebut. Salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan terhadap siswa, termasuk NISN. Operator sekolah tersebut juga mempunyai fasilitas untuk mengajukan NISN bagi siswa yang memang benar-benar belum punya. Tapi sayangnya semua layanan tersebut sudah ditutup sejak tahun 2012, yaitu situs dapodik.org. :(

Kedua,
Segera mengakses situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data   , itulah website resmi yang menggantikan situs dapodik.org. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan yaitu mengecek dengan menggunakan NISN ( juga bisa digunakan untuk mengecek apakah NISN yang dimiliki siswa valid atau tidak) dan pilihan tab kedua jika tidak mengetahui NISN siswa bisa melacak NISN-nya dengan menggunakan biodata diri, nama, tempat lahir, tanggal lahir .


Ketiga,
Jika anda seorang siswa dan benar-benar belum mempunyai NISN, segera lapor ke sekolah masing-masing, tepatnya kepada kesiswaan untuk segera membuat formulir pengajuan NISN baru. Nah jika anda seorang operator, format pengajuan dan cara pengajuannya bisa dibaca di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4  .


Keempat,
Jika semuanya sudah angkat tangan, segera melapor ke dinas pendidikan setempat, pasti ada operator dinas yang mengurusi masalah pengajuan NISN. :)

Semoga bermanfaat,

1 komentar :

Budayakan komentar yang baik :)