Jumat, 27 Desember 2013
Contoh Flowchart Pada Sistem Penilaian, Laporan Hasil Belajar Siswa
Posted by
Syahid,
on
9:43:00 PM
Flowchart adalah
bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian
suatu masalah. (Analisis dan Desain Sistem Informasi, Al-Bahra Bin Ladjamudin,
2005.)
Dari
pengamatan yang dilakukan dapat digambarkan bentuk dari flowchart sistem
informasi penilaian hasil belajar siswa. Pada bagian ini admin login terlebih
dahulu untuk melakukan aktifitas sistem. Admin mempunyai kewenangan untuk
melakukan entry data guru, data tugas
guru mengajar, data wali kelas, maupun data wali kelas pertahun pelajaran. Guru
melakukan login untuk meng-entry
nilai siswa mulai dari nilai kognitif, nilai psikomotorik, dan nilai afektif.
Wali kelas login ke system kemudian bisa meng-entry nilai meliputi nilai kepribadian, nilai penembangan diri.
Sedangkan siswa login untuk meng-update biodata.
Berikut contoh gambar flowchart-nya
Diambil dari skripsi yang saya buat, tahun 2012.
Contoh Kuesioner Penelitian Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar
Posted by
Syahid,
on
6:29:00 AM
Berikut adalah contoh kuesioner yang pernah saya buat sebagai dasar mengerjakan skripsi, silahkan dibaca mungkin bisa menjadi referensi. :)
Kuesioner Penelitian
Sistem Informasi Penilaian Hasil
Belajar SMA Negeri 2 Rembang
Kuesioner
ini merupakan alat untuk menggali informasi mengenai pendapat bapak / ibu guru
yang berkaitan dengan sistem penilaian hasil belajar siswa di SMA Negeri 2
Rembang. Jawaban yang bapak/ibu guru berikan tidak
akan mempengaruhi keberadaan bapak/ibu di lingkungan kerja, karena
penelitian ini semata-mata untuk keperluan akademis. Untuk itu kami
mengharapkan jawaban serta informasi yang benar-benar obyektif berdasarkan
penilaian hati nurani
bapak/Ibu sesuai dengan
kondisi dan situasi di tempat
kerja bapak/ibu.
Atas bantuan
dan partisipasi bapak/ibu
dalam mengisi kuesioner
ini saya haturkan terima kasih.
Identitas
Responden
Nama : .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. ..
.. .. .. .. .. .. .. .. ..
NIP : .. .. .. .. ..
.. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. ..
Jabatan : Guru mapel / Wali Kelas *)
*) Coret yang tidak
perlu
Pilihlah
pertanyaan berikut dengan melingkari salah satu jawaban yang disediakan.
1.
Bagaimanakah sistem informasi
penilaian hasil belajar yang sedang diterapkan saat ini ?
a.
Masih manual b.
Sudah terkomputerisasi
2.
Dimanakah anda merekap nilai hasil
belajar ?
a.
Buku daftar nilai b. komputer
3.
Apakah waktu yang diberikan untuk merekap
nilai hasil belajar sampai menjadi nilai rapor cukup?
a.
Cukup b. Kurang
4.
Apakah anda pernah melakukan kesalahan
dalam merekap nilai?
a.
Pernah b. Tidak pernah
5.
Menurut anda apakah sistem penilaian
yang sedang berjalan efektif dan efisien?
a.
Ya b. Tidak
6.
Menurut anda apakah sistem penilaian
yang sedang diterapkan sekarang perlu diganti dengan dengan sistem penilaian yang terkomputerisasi/
berbasis web yang bisa diakses dimana saja kapan saja dengan menggunakan
koneksi internet maupun intranet?
a.
Perlu b. Tidak perlu
Pertanyan
berikut untuk bapak / ibu guru yang
menjadi wali kelas.
7.
Bagaimanakah cara anda membuat leger
nilai dan rapor ?
a.
Menulis manual di buku yang disediakan
b.
Menggunakan komputer
8.
Apakah waktu yang diberikan untuk membuat
leger nilai dan rapor cukup?
a.
Cukup b. Tidak cukup
9.
Apakah anda pernah melakukan kesalahan
dalam pembuatan leger nilai dan rapor?
a. Pernah b. Tidak pernahContoh Script Wawancara Penelitian Sistem Penilaian Laporan Hasil Belajar Siswa
Posted by
Syahid,
on
6:16:00 AM
Berikut adalah Video wawancara observasi untuk skripsi dengan tema penilaian hasil belajar siswa. Narasumbernya adalah bapak Hedi Wibowo,S.Pd sebagai wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMA N 2 Rembang, sudah ada scriptnya juga dibawah. Semoga bermanfaat :)
Narasumber : Hedi Wibowo, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah
Kurikulum )
Peneliti : Okey, hari ini tanggal 8 Mei hari Selasa tahun 2012 saya melakukan
wawancara kepada wakil kepala sekolah bagian kurikulum seputar sistem informasi
penilaian di SMA Negeri 2 Rembang beliau adalah bapak Hedi Wibowo, S.Pd.
Yang ingin saya tanyakan pak,
sistem penilaian yang bagaimanakah yang sudah berjalan di SMA 2 selama ini ?
Narasumber : Selama ini sistem penilaiannya masih
sama seperti tahun-tahun yang sebelumnya, jadi bapak ibu guru masih memasukkan
nilai secara manual dan mereka memiliki daftar nilai yang tersendiri kemudian
pada akhir KBM mereka merekapitulasinya dan membuat sebuah nilai rapor yang
nantinya akan ditulis dalam sebuah leger dan itu baru menjadi sebuah nilai
rapor dan itu nantinya akan digunakan sebagai patokan untuk kenaikan kelas dan
sebagainya.
Peneliti : Kalau masalah kesulitan maksud
saya kesulitan – kesulitan yang pernah bapak temui menurut pengalaman bapak apa
saja?
Narasumber : Kalau menurut yang saya temukan memang
beberapa kendala muncul karena kalau kita melihat globalisasi selama ini
tentunya kita berwawasan ke depan. Kalau hanya mengandalkan segi manual saja
rasanya kurang layak untuk tahun-tahun yang seperti ini kita sudah seharusnya
maju, lebih berkembang dengan melihat sistem penilaian di berbagai sekolah yang
sudah maju mereka sudah mampu secara online mengisi nilai lewat komputer, lewat
internet dirumah dan sebagainya. Sehingga bisa mengakses nilainya baik itu
nilai ulangan harian atau nilai yang lain dengan berbasis TIK.
Peneliti : Begitu ya pak. Berarti leger masih
ditulis manual (konvensional-red)? Rapornya juga ?
Narasumber : Iya masih manual (konvensional-red).
Peneliti : Wah itu tentu saja membutuhkan
waktu yang lama dong pak?
Narasumber : Iya betul sekali. Jadi, hambatan yang
kita temui selama ini pada akhir semester tentunya ya, semester satu atau dua,
bahkan yang membuat kecemasan dari wali kelas mereka selalu mengharapkan
nilai cepat jadi sehingga mereka
bisa lembur sehingga pada saat kenaikan
kelas mereka sudah bisa dengan segera menentukan siapa yang naik dan siapa yang
tidak naik . Jadi mereka mengharapkan sistim yang lebih bagus dari yang ada
sekarang ini.
Peneliti : Nah kira-kira bagaimanakah
keinginan bapak tentang sistim yang baru?
Narasumber : Kalu keinginan saya, kita melihat
prospek ke depan melihat dunia teknologi dan komputer kita inginnya ada sebuah
sistem tersendiri , disana nanti akan dikelola sistem penilaian sehingga guru
akan dipermudah dalm pengisian nilai, cetaknya dan lain sebagainya sehingga
tanpa menulis lagi.
Peneliti : Juga bisa diakses dimana saja begitu
ya pak?
Narasumber : Iya betul.
Peneliti : Antara lain contohnya seperti
sistem informasi penilaian berbasi web.
Narasumber : Iya betul. Berbasis web sebetulnya
keinginan itu sudah lama sekali. Tapi nanti kita perlu konsultasi dengan kepala
sekolah dalam penyediaan sarana prasarana karena berkaitan dengan TIK itu
membutuhkan dana yang cukup banyak.
Peneliti : O begitu pak. Baik, sementara itu
dulu yang saya ingin tahu. Terimakasih atas waktunya.
Rabu, 25 Desember 2013
Pentingnya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Bagi Siswa
Posted by
Syahid,
on
9:18:00 AM
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku selamanya. NISN itulah yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia yang langsung dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas.
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Contoh fungsi yang sangat penting adalah sebagai identitas ketika seorang siswa mengikuti Ujian Nasional dimana ada entrian tentang data NISN .
Selain itu pada penyelenggaraan SNMPTN khususnya tahun pelajarn 2013/2014, siswa yang boleh mengikuti SNMPTN harus dan wajib memiliki NISN.
Untuk informasi lebih lanjut bisa di cek di http://www.snmptn.ac.id/informasi.html.
Oleh karena itu sangat penting bagi seorang siswa untuk mengingat-ingat NISN-nya, dan jika memang belum punya segeralah untuk mengajukan NISN kepada pihak yang berwenang . :)
Dan jangan pernah disepelekan fungsi dari NISN tersebut.
Baca juga Cara melacak NISN atau mengajukan NISN.
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Contoh fungsi yang sangat penting adalah sebagai identitas ketika seorang siswa mengikuti Ujian Nasional dimana ada entrian tentang data NISN .
Selain itu pada penyelenggaraan SNMPTN khususnya tahun pelajarn 2013/2014, siswa yang boleh mengikuti SNMPTN harus dan wajib memiliki NISN.
Untuk informasi lebih lanjut bisa di cek di http://www.snmptn.ac.id/informasi.html.
Oleh karena itu sangat penting bagi seorang siswa untuk mengingat-ingat NISN-nya, dan jika memang belum punya segeralah untuk mengajukan NISN kepada pihak yang berwenang . :)
Dan jangan pernah disepelekan fungsi dari NISN tersebut.
Baca juga Cara melacak NISN atau mengajukan NISN.
Solusi Cara Melacak Nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
Posted by
Syahid,
on
8:46:00 AM
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku selamanya. NISN itulah yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia yang langsung dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas.
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Lalu bagaimana jika seorang siswa tidak mengetahui nomor NISN-nya? atau lupa mungkin ?
Nah itulah yang akan dibahas pada artikel ini, tentang bagaimana cara melacak nomor NISN siswa.
Pertama,
Setiap sekolah pasti mempunyai minimal satu orang operator yang ditunjuk untuk mengelola data pokok pendidikan disekolah tersebut. Salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan terhadap siswa, termasuk NISN. Operator sekolah tersebut juga mempunyai fasilitas untuk mengajukan NISN bagi siswa yang memang benar-benar belum punya. Tapi sayangnya semua layanan tersebut sudah ditutup sejak tahun 2012, yaitu situs dapodik.org. :(
Kedua,
Segera mengakses situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data , itulah website resmi yang menggantikan situs dapodik.org. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan yaitu mengecek dengan menggunakan NISN ( juga bisa digunakan untuk mengecek apakah NISN yang dimiliki siswa valid atau tidak) dan pilihan tab kedua jika tidak mengetahui NISN siswa bisa melacak NISN-nya dengan menggunakan biodata diri, nama, tempat lahir, tanggal lahir .
Ketiga,
Jika anda seorang siswa dan benar-benar belum mempunyai NISN, segera lapor ke sekolah masing-masing, tepatnya kepada kesiswaan untuk segera membuat formulir pengajuan NISN baru. Nah jika anda seorang operator, format pengajuan dan cara pengajuannya bisa dibaca di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4 .
Keempat,
Jika semuanya sudah angkat tangan, segera melapor ke dinas pendidikan setempat, pasti ada operator dinas yang mengurusi masalah pengajuan NISN. :)
Semoga bermanfaat,
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Lalu bagaimana jika seorang siswa tidak mengetahui nomor NISN-nya? atau lupa mungkin ?
Nah itulah yang akan dibahas pada artikel ini, tentang bagaimana cara melacak nomor NISN siswa.
Pertama,
Setiap sekolah pasti mempunyai minimal satu orang operator yang ditunjuk untuk mengelola data pokok pendidikan disekolah tersebut. Salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan terhadap siswa, termasuk NISN. Operator sekolah tersebut juga mempunyai fasilitas untuk mengajukan NISN bagi siswa yang memang benar-benar belum punya. Tapi sayangnya semua layanan tersebut sudah ditutup sejak tahun 2012, yaitu situs dapodik.org. :(
Kedua,
Segera mengakses situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data , itulah website resmi yang menggantikan situs dapodik.org. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan yaitu mengecek dengan menggunakan NISN ( juga bisa digunakan untuk mengecek apakah NISN yang dimiliki siswa valid atau tidak) dan pilihan tab kedua jika tidak mengetahui NISN siswa bisa melacak NISN-nya dengan menggunakan biodata diri, nama, tempat lahir, tanggal lahir .
Ketiga,
Jika anda seorang siswa dan benar-benar belum mempunyai NISN, segera lapor ke sekolah masing-masing, tepatnya kepada kesiswaan untuk segera membuat formulir pengajuan NISN baru. Nah jika anda seorang operator, format pengajuan dan cara pengajuannya bisa dibaca di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4 .
Keempat,
Jika semuanya sudah angkat tangan, segera melapor ke dinas pendidikan setempat, pasti ada operator dinas yang mengurusi masalah pengajuan NISN. :)
Semoga bermanfaat,
Langganan:
Postingan
(
Atom
)
Labels
- Android
- Blog Siswa
- Coretan
- finansial
- Handphone
- Menabung
- Microsoft
- Microsoft Lumia 535
- PDSS
- Pejuang20ribu
- Pemrograman
- Pendidikan
- Penelitian
- Pengumuman
- Pengumuman SNMPTN
- PERINGKAT PDSS
- PERINGKAT SNMPTN
- PHP
- PPDB
- PPDB SMAN 2 REMBANG
- PSB
- SBMPTN
- Skripsi
- SMADA Rembang
- SNMPTN
- SNMPTN 2015
- SNMPTN 2020
- Soal SBMPTN
- Tips
- Tutorial
- uang
- Windows Phone