Jumat, 27 Desember 2013
Contoh Script Wawancara Penelitian Sistem Penilaian Laporan Hasil Belajar Siswa
Posted by
Syahid,
on
6:16:00 AM
Berikut adalah Video wawancara observasi untuk skripsi dengan tema penilaian hasil belajar siswa. Narasumbernya adalah bapak Hedi Wibowo,S.Pd sebagai wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMA N 2 Rembang, sudah ada scriptnya juga dibawah. Semoga bermanfaat :)
Narasumber : Hedi Wibowo, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah
Kurikulum )
Peneliti : Okey, hari ini tanggal 8 Mei hari Selasa tahun 2012 saya melakukan
wawancara kepada wakil kepala sekolah bagian kurikulum seputar sistem informasi
penilaian di SMA Negeri 2 Rembang beliau adalah bapak Hedi Wibowo, S.Pd.
Yang ingin saya tanyakan pak,
sistem penilaian yang bagaimanakah yang sudah berjalan di SMA 2 selama ini ?
Narasumber : Selama ini sistem penilaiannya masih
sama seperti tahun-tahun yang sebelumnya, jadi bapak ibu guru masih memasukkan
nilai secara manual dan mereka memiliki daftar nilai yang tersendiri kemudian
pada akhir KBM mereka merekapitulasinya dan membuat sebuah nilai rapor yang
nantinya akan ditulis dalam sebuah leger dan itu baru menjadi sebuah nilai
rapor dan itu nantinya akan digunakan sebagai patokan untuk kenaikan kelas dan
sebagainya.
Peneliti : Kalau masalah kesulitan maksud
saya kesulitan – kesulitan yang pernah bapak temui menurut pengalaman bapak apa
saja?
Narasumber : Kalau menurut yang saya temukan memang
beberapa kendala muncul karena kalau kita melihat globalisasi selama ini
tentunya kita berwawasan ke depan. Kalau hanya mengandalkan segi manual saja
rasanya kurang layak untuk tahun-tahun yang seperti ini kita sudah seharusnya
maju, lebih berkembang dengan melihat sistem penilaian di berbagai sekolah yang
sudah maju mereka sudah mampu secara online mengisi nilai lewat komputer, lewat
internet dirumah dan sebagainya. Sehingga bisa mengakses nilainya baik itu
nilai ulangan harian atau nilai yang lain dengan berbasis TIK.
Peneliti : Begitu ya pak. Berarti leger masih
ditulis manual (konvensional-red)? Rapornya juga ?
Narasumber : Iya masih manual (konvensional-red).
Peneliti : Wah itu tentu saja membutuhkan
waktu yang lama dong pak?
Narasumber : Iya betul sekali. Jadi, hambatan yang
kita temui selama ini pada akhir semester tentunya ya, semester satu atau dua,
bahkan yang membuat kecemasan dari wali kelas mereka selalu mengharapkan
nilai cepat jadi sehingga mereka
bisa lembur sehingga pada saat kenaikan
kelas mereka sudah bisa dengan segera menentukan siapa yang naik dan siapa yang
tidak naik . Jadi mereka mengharapkan sistim yang lebih bagus dari yang ada
sekarang ini.
Peneliti : Nah kira-kira bagaimanakah
keinginan bapak tentang sistim yang baru?
Narasumber : Kalu keinginan saya, kita melihat
prospek ke depan melihat dunia teknologi dan komputer kita inginnya ada sebuah
sistem tersendiri , disana nanti akan dikelola sistem penilaian sehingga guru
akan dipermudah dalm pengisian nilai, cetaknya dan lain sebagainya sehingga
tanpa menulis lagi.
Peneliti : Juga bisa diakses dimana saja begitu
ya pak?
Narasumber : Iya betul.
Peneliti : Antara lain contohnya seperti
sistem informasi penilaian berbasi web.
Narasumber : Iya betul. Berbasis web sebetulnya
keinginan itu sudah lama sekali. Tapi nanti kita perlu konsultasi dengan kepala
sekolah dalam penyediaan sarana prasarana karena berkaitan dengan TIK itu
membutuhkan dana yang cukup banyak.
Peneliti : O begitu pak. Baik, sementara itu
dulu yang saya ingin tahu. Terimakasih atas waktunya.
Rabu, 25 Desember 2013
Pentingnya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Bagi Siswa
Posted by
Syahid,
on
9:18:00 AM
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku selamanya. NISN itulah yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia yang langsung dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas.
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Contoh fungsi yang sangat penting adalah sebagai identitas ketika seorang siswa mengikuti Ujian Nasional dimana ada entrian tentang data NISN .
Selain itu pada penyelenggaraan SNMPTN khususnya tahun pelajarn 2013/2014, siswa yang boleh mengikuti SNMPTN harus dan wajib memiliki NISN.
Untuk informasi lebih lanjut bisa di cek di http://www.snmptn.ac.id/informasi.html.
Oleh karena itu sangat penting bagi seorang siswa untuk mengingat-ingat NISN-nya, dan jika memang belum punya segeralah untuk mengajukan NISN kepada pihak yang berwenang . :)
Dan jangan pernah disepelekan fungsi dari NISN tersebut.
Baca juga Cara melacak NISN atau mengajukan NISN.
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Contoh fungsi yang sangat penting adalah sebagai identitas ketika seorang siswa mengikuti Ujian Nasional dimana ada entrian tentang data NISN .
Selain itu pada penyelenggaraan SNMPTN khususnya tahun pelajarn 2013/2014, siswa yang boleh mengikuti SNMPTN harus dan wajib memiliki NISN.
Untuk informasi lebih lanjut bisa di cek di http://www.snmptn.ac.id/informasi.html.
Oleh karena itu sangat penting bagi seorang siswa untuk mengingat-ingat NISN-nya, dan jika memang belum punya segeralah untuk mengajukan NISN kepada pihak yang berwenang . :)
Dan jangan pernah disepelekan fungsi dari NISN tersebut.
Baca juga Cara melacak NISN atau mengajukan NISN.
Solusi Cara Melacak Nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
Posted by
Syahid,
on
8:46:00 AM
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku selamanya. NISN itulah yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia yang langsung dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas.
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Lalu bagaimana jika seorang siswa tidak mengetahui nomor NISN-nya? atau lupa mungkin ?
Nah itulah yang akan dibahas pada artikel ini, tentang bagaimana cara melacak nomor NISN siswa.
Pertama,
Setiap sekolah pasti mempunyai minimal satu orang operator yang ditunjuk untuk mengelola data pokok pendidikan disekolah tersebut. Salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan terhadap siswa, termasuk NISN. Operator sekolah tersebut juga mempunyai fasilitas untuk mengajukan NISN bagi siswa yang memang benar-benar belum punya. Tapi sayangnya semua layanan tersebut sudah ditutup sejak tahun 2012, yaitu situs dapodik.org. :(
Kedua,
Segera mengakses situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data , itulah website resmi yang menggantikan situs dapodik.org. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan yaitu mengecek dengan menggunakan NISN ( juga bisa digunakan untuk mengecek apakah NISN yang dimiliki siswa valid atau tidak) dan pilihan tab kedua jika tidak mengetahui NISN siswa bisa melacak NISN-nya dengan menggunakan biodata diri, nama, tempat lahir, tanggal lahir .
Ketiga,
Jika anda seorang siswa dan benar-benar belum mempunyai NISN, segera lapor ke sekolah masing-masing, tepatnya kepada kesiswaan untuk segera membuat formulir pengajuan NISN baru. Nah jika anda seorang operator, format pengajuan dan cara pengajuannya bisa dibaca di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4 .
Keempat,
Jika semuanya sudah angkat tangan, segera melapor ke dinas pendidikan setempat, pasti ada operator dinas yang mengurusi masalah pengajuan NISN. :)
Semoga bermanfaat,
Oleh karena itu fungsi NISN bagi siswa terutama sangatlah penting. Keberadaannya seperti nomor ID pada KTP, SIM, rekening. yang mana setiap individu pasti mempunyai nomor atau ID yang berbeda, tidak ada yang sama.
Lalu bagaimana jika seorang siswa tidak mengetahui nomor NISN-nya? atau lupa mungkin ?
Nah itulah yang akan dibahas pada artikel ini, tentang bagaimana cara melacak nomor NISN siswa.
Pertama,
Setiap sekolah pasti mempunyai minimal satu orang operator yang ditunjuk untuk mengelola data pokok pendidikan disekolah tersebut. Salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan terhadap siswa, termasuk NISN. Operator sekolah tersebut juga mempunyai fasilitas untuk mengajukan NISN bagi siswa yang memang benar-benar belum punya. Tapi sayangnya semua layanan tersebut sudah ditutup sejak tahun 2012, yaitu situs dapodik.org. :(
Kedua,
Segera mengakses situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data , itulah website resmi yang menggantikan situs dapodik.org. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan yaitu mengecek dengan menggunakan NISN ( juga bisa digunakan untuk mengecek apakah NISN yang dimiliki siswa valid atau tidak) dan pilihan tab kedua jika tidak mengetahui NISN siswa bisa melacak NISN-nya dengan menggunakan biodata diri, nama, tempat lahir, tanggal lahir .
Ketiga,
Jika anda seorang siswa dan benar-benar belum mempunyai NISN, segera lapor ke sekolah masing-masing, tepatnya kepada kesiswaan untuk segera membuat formulir pengajuan NISN baru. Nah jika anda seorang operator, format pengajuan dan cara pengajuannya bisa dibaca di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4 .
Keempat,
Jika semuanya sudah angkat tangan, segera melapor ke dinas pendidikan setempat, pasti ada operator dinas yang mengurusi masalah pengajuan NISN. :)
Semoga bermanfaat,
Rabu, 05 Juni 2013
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Posted by
Syahid,
on
3:32:00 PM
PENGUMUMAN
PENERIMAAN PESERTA DIDIK
BARU
SMA NEGERI 2 REMBANG - TAHUN PELAJARAN 2013
/
2014
I. WAKTU & TEMPAT PENDAFTARAN
Tanggal : 24 s.d 27 Juni 2013, jam 08.00 – 12.00WIB.
(pendaftaran hari terakhir 27 Juni 2013 ditutup jam 10.00 WIB, pengembalian
formulir jam 11.00 WIB).
Tempat : Auditorium SMA Negeri 2 Rembang (
gedung timur)
II. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Mengisi formulir pendaftaran dengan
melampirkan :
- Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah dengan dilampiri SKHUN sementara
(asli).
- foto copy akte kelahiran ( 1 lembar ).
- foto copy Kartu Keluarga ( 1
lembar )
- pas photo hitam putih / berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak ( 3 lembar ).
- foto copy piagam dan
menunjukkan aslinya bagi yang memiliki
2. Calon peserta didik berusia maksimal 21 tahun pada
tanggal 15 Juli 2013.
3. Membayar
pendaftaran Rp. 20.000,- (calon peserta didik dari keluarga kurang mampu dibebaskan
pembayaran dengan menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa dan
disahkan oleh Camat atau Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) atau
Program Keluarga Harapan (PKH) asli dan
foto copy.
4. Berpakaian OSIS SMP/ MTs. asal.
III. DAYA TAMPUNG
1. Daya tampung keseluruhan 324 siswa
2. Calon siswa dari dalam Kab. Rembang minimal 90 % dan dari luar kabupaten
maks. 10% dari kuota.
(nilai
terendah dari luar kabupaten minimal sama dengan nilai terendah dari dalam
kabupaten)
* calon siswa dari luar Kab. Rembang, harus membawa Surat
Rekomendasi dari Dinas
Pendidikan Kab. Rembang.
IV. PROSEDUR PENDAFTARAN
( DAPAT
DILIHAT DI TEMPAT PENDAFTARAN )
V. PENGUMUMAN
1. Calon peserta yang diterima akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2013 jam 09.00WIB.
* calon siswa yang diterima harus
mengambil tanda bukti diterima sebagai syarat daftar ulang.
2. Daftar ulang tanggal 8 – 9 Juli 2013, dari jam 08.00 – 12.00 wib.
3. Calon siswa yang diterima dan tidak mendaftar ulang sampai
batas waktu yang ditentukan, dianggap
mengundurkan
diri.
VI. PESERTA YANG MEMILIKI PIAGAM
1. Penghargaan piagam diperhitungkan 2
tahun terakhir.
2. Piagam di foto copy
dan dilegalisir oleh Kepala Sekolah, serta menunjukkan aslinya.
( jika terbukti terdapat
pemalsuan piagam maka DINYATAKAN GUGUR ).
3. Jumlah piagam yang dihargai max. 2 piagam (jika
sejenis diambil satu piagam yang nilainya tertinggi)
4. Bobot penghitungan piagam sbb.:
Prestasi
|
Tingkat Kejuaraan
|
||||
Nasional
|
Propinsi
|
Karesidenan
|
Kabupaten
|
Kecamatan
|
|
Juara I
|
Diterima
|
3, 00
|
2, 25
|
1, 50
|
0, 75
|
Juara II
|
Diterima
|
2, 75
|
2, 00
|
1, 25
|
0, 50
|
Juara III
|
Diterima
|
2, 50
|
1, 75
|
1, 00
|
0, 25
|
VII. LAIN - LAIN
1. Seleksi berdasarkan jumlah nilai Ujian Nasional dengan rumus N = ( A + B ),
( N = nilai akhir ), (A = jumlah nilai ujian nasiona), (B = nilai
prestasi/ bakat ketrampilan).
2. Jika terdapat nilai sama pada peringkat terbawah, maka semuanya dinyatakan masuk dalam kuota .
3. Calon siswa lulusan tahun lalu melalui
tes wawancara dengan meminta surat keterangan di
bagian informasi.
4. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan di tempat
pendaftaran pada bagian informasi.
Rembang,
4 Juni 2013
Kepala
Sekolah
S U M A R N O, S. Pd.
NIP.
19601010 198703 1 013
Langganan:
Postingan
(
Atom
)
Labels
- Android
- Blog Siswa
- Coretan
- finansial
- Handphone
- Menabung
- Microsoft
- Microsoft Lumia 535
- PDSS
- Pejuang20ribu
- Pemrograman
- Pendidikan
- Penelitian
- Pengumuman
- Pengumuman SNMPTN
- PERINGKAT PDSS
- PERINGKAT SNMPTN
- PHP
- PPDB
- PPDB SMAN 2 REMBANG
- PSB
- SBMPTN
- Skripsi
- SMADA Rembang
- SNMPTN
- SNMPTN 2015
- SNMPTN 2020
- Soal SBMPTN
- Tips
- Tutorial
- uang
- Windows Phone